Inilah Jumlah dan Kualitas Air Mata Ideal Saat Menangis | Wanbul
Home » » Inilah Jumlah dan Kualitas Air Mata Ideal Saat Menangis

Inilah Jumlah dan Kualitas Air Mata Ideal Saat Menangis

Tak hanya sekadar dikeluarkan ketika merasa sedih atau terharu dengan menangis, air mata juga memiliki kualitas dan kuantitas. Jika kualitas dan kuantitas air mata baik, seseorang lebih mungkin menggunakan lensa kontak. Sebenarnya, bagaimanakah kualitas dan kuantitas air mata yang baik?

Ada pemeriksaan schirmer test untuk tahu dari kuantitas air mata. Itu tolok ukurnya 20 mm. Jadi kalau di bawah 15-20 mm, kurang baik kuantitasnya, ujar dr Yulia Aziza SpM, MKes dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia.

Selain schirmer test, bisa pula dilakukan Tear break-up Time (TBUT). Pada tes ini, akan diteteskan obat pewarna di kornea, kemudian orang yang bersangkutan diminta berkedip. Akan dilihat butuh waktu berapa lama zat pewarna akan menguap.


Zat pewarna akan luntur dalam berapa lama kan karena dia menguap. Kalau menguapnya dalam hitungan sepuluh detik itu kualitasnya bagus. Kalau kurang karena cepat menguap, berarti kualitas air matanya kurang, lanjut dr Aziza ditemui usai Seminar Media 'Prioritaskan Kesehatan dan Keindahan Mata: Hati-hati dalam Memilih Lensa Kontak Warna' di Restoran Bebek Bengil, Jl KH Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015).

Pada orang dengan kualitas dan kuantitas air mata yang kurang baik, mudah sekali terjadi Dry Eye Syndrome. dr Aziza menuturkan, keluhan ini umumnya dialami oleh mereka yang berusia di atas 40 tahun. Kemudian, jika aktivitas yang dilakukan kebanyakan di ruangan ber-AC serta sering menatap komputer karena mata akan kurang berkedip.

Gejalanya itu mata terasa mengganjal, perih, kering, bahkan berair. Kapan berobat? Tergantung pasien ya karena gangguan ini umumnya bersifat subjektif. Ada orang yang matanya sudah kering tapi masih bisa bertahan ya nggak masalah, tergantung individunya, papar wanita berkerudung ini.

Bagi orang dengan mata kering, masih bisa jika ingin menggunakan lensa kontak, tetapi jika skala mata kering yang dialami masih ringan. Sebab, penggunaan lensa kontak dapat dibantu dengan lubrikasi guna menjaga mata tetap lembab. (dtkhlt)

Baca Juga : Keajaiban air mata, jangan ragu untuk menangis
Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 23.45

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger