Tidur Berkualitas Bisa Turunkan Berat Badan | Wanbul
Home » , » Tidur Berkualitas Bisa Turunkan Berat Badan

Tidur Berkualitas Bisa Turunkan Berat Badan

Benar gak sih tidur bikin langsing ? Terlalu banyak tidur dan jarang bergerak seringkali diasosiasikan dengan rasa malas dan tubuh yang gemuk. Namun jangan salah, tidur juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan lho! Kurang tidur malah seringkali bisa menyebabkan berat badan cepat naik.

Jika Anda sedang berdiet, tak ada salahnya untuk mulai memperhatikan kualitas tidur Anda di malam hari. Kualitas tidur yang baik akan membantu Anda menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa alasan tidur bisa membantu Anda lebih kurus, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Mengontrol metabolisme
Tidur yang baik akan membantu Anda lebih rileks dan mengontrol metabolisme. Ketika metabolisme terjaga Anda akan mencerna makanan dengan lebih mudah dan tidak cepat lapar. Tidur yang baik juga akan mengurangi nafsu ngemil yang bisa bikin Anda cepat gemuk.


2. Mencegah stres
Kurang tidur akan membuat hormon cortisol melonjak. Kadar cortisol yang melonjak akan membuat nafsu makan semakin tinggi dan membuat Anda cepat gemuk. Selain itu, dengan cukup tidur dan hormon cortisol yang rendah, Anda akan memiliki energi yang banyak dan bisa membakar lemak semakin cepat.

3. Ghrelin dan Leptin
Tubuh juga memproduksi hormon Ghrelin dan Leptin yang bisa membuat Anda ingin makan lebih banyak. Hormon ini meningkat dengan semakin sedikitnya waktu tidur. Karena itu, dengan tidur teratur dan cukup Anda akan mengurangi jumlah hormon ini dan membantu Anda diet.

4. Proses insulin
Kurang tidur akan menurunkan produksi insulin hingga 30 persen. Ini yang menyebabkan lemak tersimpan dalam tubuh dengan semakin cepat dan susah dihilangkan. Karena itu, memenuhi kebutuhan tidur akan membantu proses produksi insulin menjadi normal dan membantu mencegah lemak menumpuk.

Itulah beberapa manfaat tidur untuk menurunkan berat badan. Tidur yang cukup juga membantu tubuh Anda tetap bugar. Karena itu, perhatikan jumlah waktu tidur dan kualitas tidur Anda jika ingin menurunkan berat badan. (mdk)
Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 20.18

2 komentar:

  1. waah tidur juga sangat berguna juga ya gan.
    http://pengetahuanwawasanz.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. mantap gan,,, bisa dijadikan bahan ajar ne

    mampir gan di arenapendidikan.com
    kami sangat membutuhkan ise kreatif agan

    BalasHapus

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger