Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi | Wanbul
Home » » Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

grogi saat berbicara diforum
Bagaimana memerangi kecemasan saat tampil berbicara didepan umum seperti mengemukakan pendapat saat rapat, presentasi atau sebagai narasumber dalam sebuah forum ? Kebanyakan orang benar-benar memiliki kecemasan atau grogi melebihi rasa takut saat tampil dan berbicara didepan publik. Sebenarnya ketakutan, kecemasan atau grogi didepan umum dalam sebuah forum adalah hal yang lumrah dalam revolusi (nah lhoo??)

Grogi atau kecemasan bahkan kurang percaya diri saat prenstasi lebih disebabkan oleh faktor kebiasaan, hal ini juga kami alami ketika pertama kali berbicara di depan forum bahkan hingga beberapa kali berikutnya. Namun hal tersebut menjadi sebuah keasyikan tersendiri jika kita terus memaksakan diri untuk terus maju dan menganggap kita tampil didepan karena kita lebih tahu dari audiens yang berada dihadapan kita.

Beberapa kasus grogi tampil didepan umum juga akan kembali terulang setelah lama tidak berbicara didepan umum. jadi biasakan diri secara simultan dan dalam beberapa waktu tertentu untuk berkesempatan berbicara disebuah forum baik resmi maupun non formal.

Berikut kami sarikan dari tulisan scott schwertly pada slideshare.net mengenai Tips Penting Mengatasi Kecemasan saat Tampil didepan Forum ;

1. Lancarkan Aliran Darah
Jika Anda adalah penggemar olahraga, pergilah joging atau berjalan setengah hari sebelum anda tampil berbicara. Studi telah membuktikan bahwa manfaat olahraga memiliki efek positif pada saraf yang berlangsung hingga 12 jam. Jika Anda tahu, Anda menikmati endorfin yang didapat dengan olahraga, pastikan Anda melakukan aktivitas joging dalam waktu 12 jam dari presentasi Anda.

2. Berlatih, Jangan Hafalkan
Praktek akan membangun rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan Anda. Namun, perlu diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara menjadi terlatih dengan menjadi penghafal. Berlatih menyiratkan bahwa Anda siap, percaya diri dan dapat berbicara dengan cepat jika diperlukan. Hafal menyiratkan bahwa Anda tergantung, kurang percaya diri dan dikendalikan oleh pembicaraan Anda, daripada Anda mengendalikannya. Ingat dan jalankan melalui frase kunci dan poin, tapi jangan menghafal kata demi kata - tekanan mengingat semua itu hanya akan menambah kecemasan Anda!

3. Tampilkan Apresiasi
Pada akhirnya, Anda ingin masuk ke pola pikir apresiasi. Jika audiens Anda tahu Anda ingin menambahkan nilai pada hidup mereka, Anda akan segera merasakan kemudahan karena akan menentukan tujuan dan peran dalam lingkungan presentasi. Sederhananya, jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda peduli tentang audiens Anda, maka mereka akan lebih cenderung untuk peduli tentang Anda. Persepsi jarak antara pembicara dan audiens menciptakan uncomfortableness atau ketidaknyamanan pada diri anda.

Kecemasan adalah masalah yang sangat subyektif. Pada akhirnya nanti, Anda mengenal diri sendiri lebih baik daripada orang lain, jadi pilihlah kegiatan terbaik yang akan menenangkan Anda.
Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 20.36

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger