Hindari Hal-Hal Pemicu Kanker Payudara | Wanbul
Home » , » Hindari Hal-Hal Pemicu Kanker Payudara

Hindari Hal-Hal Pemicu Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan momok yang sangat menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak penyakit yang menggerogoti aset berharga wanita ini dapat membuat wanita kehilangan rasa percaya diri bahkan pada stadium akut sering menyebabkan kehilangan nyawa bagi kaum perempuan.

Meski penyebab kanker sejauh belum bisa diketahui secara pasti, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda ingat untuk mengurangi risiko kanker payudara, seperti dikutip Womenshealthmag via liputan6, Rabu (29/10/2014) berikut ini:

1. Berat badan

Obesitas bisa memicu kanker payudara sekitar 30-60 persen. Kenapa? karena estrogen diproduksi di sel lemak. Jadi kalau Anda kelebihan lemak, maka otomatis Anda akan kelebihan estrogen yang memicu tumbuhnya sel tumor.

2. Ukuran perut

Sebuah penelitian terbaru dari British Medical Journal menemukan bahwa faktor yang paling penting meningkatkan peluang kanker payudara pascamenopause wanita adalah ukuran roknya yang semakin sempit dibandingkan ketika usia dua puluhan.

3. Jarang olahraga

Rajin berolahraga bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar tapi dengan bergerak, kekebalan tubuh secara alami dapat meningkat. Plus, Anda dapat menurunkan jumlah kadar glukosa dan insulin dalam aliran darah Anda, sehingga dapat membantu tubuh memecah estrogen berlebih penyebab kanker. Para ahli menyarankan latihan sebaiknya satu jam sehari dengan 4-5 kali per minggu.

4. Minum alkohol

Beberapa penelitian telah menghubungkan peningkatan konsumsi alkohol dengan risiko tinggi terkena kanker payudara.

5. Salah diet

Alih-alih ingin mendapatkan tubuh ideal, beberapa jenis diet pun rela dilakoni. Sayangnya, beberapa jenis sayur justru bisa meningkatkan hormon estrogen. Pilih sayuran warna-warni, seperti wortel dan tomat yang sarat dengan karotenoid dan antioksidan yang telah diteliti bisa menurunkan risiko kanker payudara. Membatasi asupan gula dan lemak juga bisa membantu Anda terlindungi dari kanker payudara.

6. Kelainan genetik

Perempuan yang membawa gen BRCA1 atau BRCA2 memiliki risiko seumur hidup peningkatan terkena kanker payudara. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, bila Anda memiliki riwayat kanker payudara, segera konsultasikan ke dokter.

7. Sering Memendam Emosi.

Kategori ketujuh ini adalah kutipan dari riset ustad dhanu mengenai penyebab penyakit pada tubuh manusia. Perilaku yang tidak sehat akan berimbas pada kesehatan fisik dan mental. Sumber utama penyakit adalah lingkungan rumah tangga, Suami, istri dan anak-anak. Sehingga kesabaranlah yang akan membuat anda tetap sehat lahir dan batin. Tapi ingat sabar itu bukanlah menahan perasaan tapi mengikhlaskan segala sesuatu terjadi karena kehendak Tuhan.
Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 20.09

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger