Kopi Luwak Produk Unik Asli Indonesia | Wanbul
Home » » Kopi Luwak Produk Unik Asli Indonesia

Kopi Luwak Produk Unik Asli Indonesia

Kopi Luwak Produk Unik Asli Indonesia
6 Fakta unik dan menarik Coffe Luwak untuk namanya di luar negeri atau Kopi luwak sudah dikenal masyarakat dunia dengan rasa dan aroma khas yang tidak ditemukan di kopi lainnya. Kopi luwak dihasilkan dari proses alamiah hewan sejenis musang (luwak) yang menjadi media produksi.

Dalam pengertian dasar, kopi luwak diartikan biji kopi yang didapat dari proses pemilihan buah dan pengolahan kulit buah yang dilakukan oleh si luwak. Ini yang menjadikan kopi luwak berbeda baik dari segi cita rasa maupun kualitasnya apalagi harga cafe luwak yang fantastis.

Ada beberapa fakta unik tentang kopi luwak disadur dari detikFinance. Berikut 6 fakta unik kopi luwak ;

1. Produk asli Indonesia
Kopi luwak adalah kopi produksi asli Indonesia. Awalnya luwak atau hewan sejenis musang yang digunakan sebagai media produksi ditemukan di Pulau Jawa. Si luwak dapat memakan dua jenis kopi yang umumnya ada yaitu kopi jenis arabica dan robusta.

Catatan sejarah mencatat, kopi luwak sudah ada di Indonesia sejak periode tanam paksan yaitu di abad 19. Dengan demikian Indonesia adalah satu-satunya negara yang dapat memproduksi kopi luwak tetapi dengan produksi kopi yang cukup terbatas.

2. Diproduksi dari Kotoran Musang/Luwak
Kopi ini disebut kopi luwak karena berasal dari kotoran luwak, dimana sebelumnya luwak atau musang memakan biji kopi yang sudah masak, tapi unknya sistem pencernaab musang tidak mampu mencerna biji kopi sehingga ketika luwak buang kotoran, biji kopi ikut keluar bersama tinjanya, nah biji kopi yang keluar bersama ktoran luwak inilah yang diolah karena memiliki aroma dan rasa yang lebih nikmat.

3. Kopi termahal di dunia
Perbedaan rata-rata harga untuk jenis kopi luwak dengan kopi biasa cukup signifikan. Seperti contoh kopi luwak arabica dan kopi arabica biasa perbedaan harganya cukup jauh. Sedangkan hal yang sama juga ditemukan untuk jenis kopi luwak robusta dan kopi robusta biasa.

Harga biji sangrai kopi luwak arabica saat ini dipatok lebih dari Rp 1 juta/kg sedangkan jenis biji sangrai kopi arabica biasa hanya Rp 200 ribu/kg itu untuk kelas premium. Lain lagi untuk jenis biji sangrai kopi luwak robusta cendrung lebih murah yaitu Rp 700 ribu/kg. Kalau biji sangrai robusta biasa hanya Rp 100 ribu/kg.

4. Sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda
Kopi luwak adalah kopi asli buatan Indonesia ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Komoditas kopi memang menjadi barang dagangan penting saat itu disamping komoditas rempah-rempah dan teh.

Saat Belanda menjajah, luwak pertama kali ditemukan di Pulau Jawa. Diawali oleh sikap Belanda yang melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang saat itu cukup terkenal.

Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak.

Kabar mengenai kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan. Maka kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda saat itu. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak pun adalah kopi yang mahal sejak zaman kolonial bahkan hingga saat ini.

5. Malaysia dan Thailand juga ikut mengembangkannya
Indonesia sudah dikenal sebagai produsen jenis kopi luwak di dunia. Tetapi diam-diam, dua negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia dan Thailand juga ikut mengembangkan kopi yang diklaim sebagai kopi termahal di dunia itu.

Hal itu bukan tanpa sebab karena harga kopi luwak di pasaran internasional terbilang cukup tinggi dibandingkan jenis kopi lain. Edy memberikan contoh harga biji sangrai kopi luwak arabica kini sudah diatas Rp 1 juta/kg sedangkan jenis biji sangrai kopi arabica biasa hanya Rp 200 ribu/kg atau untuk kelas premium. Lain lagi untuk jenis biji sangrai kopi luwak robusta cendrung lebih murah yaitu Rp 700 ribu/kg sedangkan biji sangrai robusta biasa hanya Rp 100 ribu/kg.

Hal yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mendaftarkan kopi luwak Indonesia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) sebagai minuman khas Indonesia.

6. Paling Laku di Dunia
Kopi luwak asal Indonesia ternyata adalah jenis kopi yang paling laku di pasar dunia. Kopi luwak dipandang eksotis karena memiliki citra rasa dan aroma yang berbeda dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Hal ini diakui langsung oleh Pemilik Anomali Coffee, Irvan Helmi.

Setidaknya ada 3 pasar utama ekspor produk kopi luwak asal Indonesia. Ketiganya adalah negara Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi. Di samping itu Eropa, Amerika Serikat dan Australia juga menjadi tujuan pasar kopi luwak walaupun jumlahnya tidak signifikan.
Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 00.31

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger