Ini Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh | Wanbul
Home » » Ini Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Ini Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Masih suka mengonsumsi minuman bersoda, Coca cola, Pepsi Cola, Fanta, Sprite? Sebaiknya pikirkan lagi kebiasaan Anda tersebut. Soda telah lama diketahui sebagai salah satu minuman yang tak menyehatkan. Soda juga diklaim sebagai salah satu faktor penyebab diabetes, obesitas, dan lainnya.

Namun tak hanya itu saja efek negatif yang bisa disebabkan oleh soda pada diri Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda menjauhi minuman bersoda.

1. Menyebabkan batu ginjal
Batu ginjal sangat menyakitkan, bahkan hampir sama sakitnya dengan melahirkan. Sebuah penelitian mengungkap adanya kaitan antara konsumsi minuman bersoda dengan timbulnya batu ginjal.

2. Picu diabetes tipe-2
Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi minuman soda juga bisa meningkatkan risiko diabetes tipe-2. Mengonsumsi satu botol minuman soda per hari akan meningkatkan risiko diabetes tipe-2 hingga 25 persen.

3. Menurunkan kesuburan
Kaleng soda diketahui mengandung BPA atau Bisphenol A, sebuah zat kimia yang berpotensi mengganggu masalah reproduksi tubuh manusia. BPA dalam kaleng soda bisa tercampur dengan soda dan masuk ke minuman yang Anda konsumsi.

4. Obesitas
Satu kaleng soda sehari sama dengan 35 pon gula dalam usus Anda. Ini akan memicu bertambahnya berat badan sehingga Anda akan lebih berkemungkinan mengalami obesitas jika terlalu sering minum soda.

5. Merusak gigi
Minum soda juga mempengaruhi kesehatan gigi. Ketika soda menyentuh gigi Anda, kerusakan sudah terjadi pada enamel gigi. Jika ingin menjaga kesehatan gigi, sebaiknya hindari minuman bersoda.

6. Menyebabkan kerutan
Berdasarkan beberapa penelitian, konsentrasi fosfat yang cukup tinggi dalam soda bisa meningkatkan proses penuaan. Ini artinya Anda akan menjadi lebih cepat tua dan lebih cepat berkeriput jika terlalu banyak minum soda.

7. Sensasi terbakar pada dada
Soda juga bisa memicu sensasi terbakar dan menyakitkan pada bagian dada. Ini disebabkan oleh asam yang naik dari lambung ke bagian dada dan mulut. Meski terlihat remeh, namun sensasi ini bisa terasa tak nyaman dan menyakitkan.

8. Merusak jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi soda bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke hingga 40 persen lebih tinggi.

9. Merusak lingkungan
Yang satu ini tak berkaitan dengan kesehatan, namun berimbas pada lingkungan Anda. Pemanis buatan yang ada dalam diet soda serta zat kimia di dalamnya bisa bertahan di lingkungan dalam waktu yang lama. Zat ini bisa tercampur dalam sumber air dan masuk ke dalam tubuh kita.

Itulah beberapa alasan untuk menjauhi minuman bersoda. Mengonsumsi minuman soda dalam jumlah yang banyak tak hanya menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka pendek seperti sensasi terbakar pada dada, tetapi juga dalam jangka panjang. (mrdk)

Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 21.17

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger