15 Fakta Menarik Tentang Ustadz Jefri atau Uje | Wanbul
Home » , » 15 Fakta Menarik Tentang Ustadz Jefri atau Uje

15 Fakta Menarik Tentang Ustadz Jefri atau Uje

10 Fakta Menarik Tentang Ustadz Jefri atau Uje
Ustadz Jefry Al Buchori atau Uje, merupakan salah satu pendakwah tersohor di Indonesia. Namanya sering menghiasi televisi saat menyampaikan dakwah dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami.

Sebagai salah satu Ustadz yang juga selebritas papan atas, jarang ada kontroversial yang muncul dari Ustadz muda ini. Namun siapa nyana, jalan mencari Tuhan Uje, ternyata penuh lika liku. Ustadz Uje pernah mengalami masa-masa suram, hingga akhirnya menemukan jalan taubat dan mendedikasikan diri dalam jalan dakwah. Berikut beberapa fakta menarik tentang kehidupan Uje, dikutip dari laman Wikipedia Indonesia, JPNN, detik dan berbagai sumber.

1. Jefri sejak kecil telah mendapat pendidikan Islam yang kuat. Pernah meraih prestasi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sampai tingkat provinsi.

2. Pernah menempuh pendidikan di pesantren, Uje terkenal sebagai santri yang nakal. Ia pernah kabur dari pesantren, hanya untuk main dan nonton bioskop. Setelah itu, Uje dipindahkan ke Madrasah Aliyah (MA, setingkat SMA). Bukannya bertambah baik, kenakalan Uje justru bertambah. Ia bahkan tak pernah menyelesaikan kuliahnya.

3. Saat remaja, Uje pun mulai mengenal narkoba dan dunia malam. Pada tahun 1991, Uje pernah menjadi dancer di salah satu club.

4. Karena sering nongkrong di Institut Kesenian Jakarta, Uje pun mulai mengenal seni peran dan akting. Salah satu sinetron yang sempat dibintanginya adalah Pendekar Halilintar. Bahkan Uje pernah dinobatkan sebagai pemeran pria terbaik dalam Sepekan Sinetron Remaja yang diadakan TVRI pada 1991.

5. Uje bertemu dengan Pipik Dian Irawati, seorang model gadis sampul majalah Aneka tahun 1995 asal Semarang, Jawa Tengah. Saat itu, Uje masih berstatus sebagai pemakai narkoba. Namun Pipik tetap bersedia dinikahi siri oleh Uje pada 7 September 1999. Dua bulan kemudian mereka menikah resmi di Semarang. Pernikahannya dengan Pipik ini dikaruniai tiga orang anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro.

6. Uje mulai menemukan jalan taubat, saat diajak umroh oleh ibu dan kakaknya. Sebagai awal dari usaha pertaubatan, Uje mendapat amanah dari kakak tertuanya alm. Ust. H. Abdullah Riyad, untuk melanjutkan dakwah kakaknya di Jakarta. Sebab alm Ust. H. Abdullah Riyad mendapatkan kepercayaan dari MUIS (Majlis Ugame Islam Singapura) untuk menjadi Imam besar di Masjid Haji Mohammad Soleh, bersebelahan dengan Maqam Habib Nuh Al Habsyi, Palmer Road, Singapura.

7. Saat berdakwah pertama kalinya di sebuah Mesjid di Mangga Dua, Jakarta, teks naskah Uje dituliskan oleh sang istri. Saat itu honor dakwah perdananya Rp 35.000 dan langsung diberikan kepada istrinya.

8. Sejak itu Uje mulai sering dipanggil berdakwah. Bahasa-bahasanya yang mudah dipahami, kadang berbaur dengan nasehat atas apa yang pernah dilaluinya, menjadikan Uje bisa diterima berbagai kalangan.

9. Tidak hanya pandai berdakwah, Uje juga menggeluti dunia tarik suara. Namun tetap membawakan syiar dakwah dengan lagu-lagu Islami. Debut pertamanya diluncurkan tahun 2006 lalu. Beberapa lagu diciptakannya sendiri dan dinyanyikan bersama penyanyi lagu-lagu religius muslim, seperti Opick, bahkan pernah berkolaborasi dengan grup band Ungu dalam mini album Ungu bertajuk Para Pencari-Mu pada tahun 2007


10. Uje meninggal akibat kecelakaan tunggal bersama moge Kawasaki E650, B 3590 SGQ warna hijau di bundaran kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan, akibat menabrak pohon Palem sekitar pukul 02.00 WIB Jumat dini hari.
moge uje

11. Ustadz Jefri, insyaallah mendapatkan husnul khotimah dengan meninggalkan dunia fana ini pada malam jumat dan pada siang hari ba'da shalat Jumat beliau di shalatkan oleh ribuan jamaah secara langsung dan belum lagi jamaah yang melaksanakan shalat gaib diberbagai daerah.
shalat jenazah uje

12. Uje pernah berwasiat untuk dimakamkan berdekatan dengan Alm. ayahnya, Proses pemakaman jenazah Ustadz Jeffry Al Buchori (Uje) berlangsung di tengah ribuan peziarah di TPU Karet Bivak. Jenazah Uje dimakamkan di atas jenazah ayahnya, Ismail Modal.
pelayat pemakaman uje

13. Sepertinya seluruh negeri merasa berduka dan kehilangan atas meninggalnya Uje, mulai pejabat tinggi negara, jenderal, politikus, birokrat, pengusaha  apalagi rakyat awam, bahkan menteri agama pun menangis tersedu melepas kepergian Uje untuk selamanya.

14. Tweet terakhir Uje pun penuh makna dan seolah menyimpan pesan yang mendalam. "Pada akhirnya.. Semua akan menemukan yg namanya titik jenuh.. Dan pada saat itu.. Kembali adalah yg terbaik.. Kembali pada siapa..??? Kpd "DIA" pastinya.. Bismi_KA Allohumma ahya wa amuut..," ujar Uje dalam akun twitternya @jefri_buchori yang meneruskan akunnya di Path pada Rabu (13/3) pukul 9.35 WIB.
bbm terakhir uje

Selain menuangkan isi hati di Twitter, Ustadz Jefri Al Buchori (Uje) juga menulis status di Blackberry Messenger(BBM) yang seakan menyiratkan firasat akan dipanggil yang Maha Kuasa."Assalamualaikum..Mulai hari ini saya enggak lagi pakai nomor HP, dan BBM ini. Sekali lagi maaf lahir batin..Pasti banyak salahnya. Wassalam," tulis Uje dalam status BBM-nya.
selamat jalan ustad jeffry

15. Uje meninggalkan dunia pada usia 40 tahun tepat 2 minggu setelah ultahnya pada tanggal 12 April 2013 yang juga bertepatan dengan hari Jumat.

Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 17.05

1 komentar:

  1. subhanaloh,semoga amal ibadah nya diterima di sisi allah swt.

    BalasHapus

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger