Tips Beli Motor Seken/Bekas | Wanbul
Home » » Tips Beli Motor Seken/Bekas

Tips Beli Motor Seken/Bekas

tips beli motor seken
Pada saat masbro nyari motor seken atau bekas, waktu melakukan survey barangnya, sudah dipastikan yang jual motor pasti bilang kondisi motornya masih normal,,,masih bagus,,,belum pernah jatuh,,mesin mulus,,,bodi mulus,,,’’klo miyabi yang mulus sudah dipercoyo,,,,wkwkwkwkwk’’. Pasti yg pertama2 dibenak masbro adalah kondisi mesin dan kedua kondisi bodi, jika sudah memenuhi kedua syarat diatas maka masbro pasti lanjut nego harga, klo cocok langsung bayar,,,iya toh,,,? 

Kita tidak boleh terbuai oleh rayuan gombal sang penjual motor, kondisi mesin normal belum tentu setelah kita pakai tetap normal. Yang ada malah 1 minggu setelah kita pakai baru ketahuan ada yang tidak beres pada motornya. Yadi sebisa mungkin kalau mau beli motor ngajak mekanik terpercaya masbro bro agar bisa mendeteksi apakah ada yang tidak beres dimotor. Tetangga, teman bahkan saudara sendiri saja bisa menyesatkan kita karena menjual motornya dalam kondisi “cubadak diangek an” tapi katanya masih bagus.

Satu hal lagi justru yang paling penting masbro dan yang paling disepelekan yaitu kondisi nomor mesin dan nomor rangka. Nomor mesin dan rangka bermasalah ada 2 macam yaitu pertama nomor mesin/rangka rusak karena kecelakaan/tabrakan sehingga nomor mesin/rangka jadi terbelah. yang kedua rusak karena abnormal yaitu nomor mesin/rangka sengaja diketrik sehingga angka=angkanya jadi berubah bentuk. Pengalaman ini didapat kang ari hari selasa kemarin,,,setahun yang lalu konsumen kang ari beli motor jupiter z tahun 2010 murah Cuma 6juta, kondisi mesin masih normal bodi juga mulus saat pertama kali dibeli, tapi setahun kemudian tepatnya hari selasa kemarin konsumen kang ari mau proses balik nama BPKB nya, alahkah kagetnya saat proses balik nama di samsat DITOLAK gara2 nomor mesin bermasalah lalu samsat menyarankan untuk proses pengetikan ulang nomer mesin di dealer yamaha.

Beli motor sudah 1 tahun nggak mungkin motor mau kita balikin lagi ke pemilik motor pertama, bisa nyesek masbro,,,coba kita hitung2 beli motor murah Cuma 6juta biaya balik nama sekitar 800ribu dan harga crankcase (blok mesin yg ada nomer mesinnya) sekitar 500ribu ditambah lagi biaya turun mesin bisa 600 ribuan,,, tuch,,,ditotal bisa 7,9juta.’’lha kok ada turun mesin segala masbro…?’’ tak jawab dhewe yo,,,hehehe,,,begini masbro, posisi/letak nomor mesin rada di blok mesin atau bahasa amerikanya ‘’crankcase’’ untuk proses pengetikan ulang nomor mesin crankcase bawaan motor harus dibawa ke pabrik istilahnya tuker guling,,,agar tidak terjadi nomor mesin ganda pada motor tersebut.Prosesnya juga memakan waktu yang lama kira2 1 bulan proses di pabrik dan 1 minggu proses turun mesin dan rakit di bengkel. Nyesek to masbro,,,motor musti nginep di bengkel 1 bulan lebih. Itu proses normal masbro biasanya karena kecelakaan/tabrakan, kalau untuk kondisi yang abnormal karena diketrik masih ada tambahan lagi yaitu minta surat keterangan ke kantor polisi untuk menjelaskan bahwa nomor mesin/rangka sesuai yang tertera di BPKB jika tidak minta surat keterangan maka pabrik akan menolak untuk pengetikan ulang nomor mesin/rangka, itupun belum tentu di setujui oleh pabrik,,,la kalau ditolak mau nggak mau motor masbro jadi motor bodong. Puyeng to,,,

Jadi,,,saat beli motor seken musti jeli dan teliti jangan Cuma lihat kondisi mesin dan bodinya saja,,, yang pasti setelah beli motor seken segeralah masbro untuk proses balik nama agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan.

sumber; ariblogmotor.wordpress
Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 20.20

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger