Cara Menyimpan Ketupat Agar Tidak Basi | Wanbul
Home » » Cara Menyimpan Ketupat Agar Tidak Basi

Cara Menyimpan Ketupat Agar Tidak Basi

Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha identik dengan ketupat dan lemang. Ketupat dan lemang sering bersisa setelah lebaran. Agar ketupat ini tetap layak konsumsi lagi sebaiknya disimpan dengan cara benar. Bisa di dalam lemari es atau freezer. Ketupat bisa dipanaskan kembali dan enak dikonsumsi.

Lakukan cara ini agar ketupat dan lemang tetap enak dikonsumsi.

1. Pemotongan

Sebaiknya potong ketupat sesuai kebutuhan. Sebab ketupat yang sudah dipotong lebih mudah basi daripada yang masih utuh dengan kulitnya.

2. Daya Tahan

Ketupat bisa tahan 2-4 hari. Namun bila tidak habis, simpan ketupat langsung dalam lemari es. Bila ingin menghangatkan ketupat, sebaiknya kukus ketupat.

3. Penyimpanan

Ketupat dapat disimpan dalam lemari es selama 4-7 hari. Sebelum disimpan, kukus ketupat sekitar 30 menit, dinginkan lalu simpan. Sisa ketupat yang tidak dimakan juga bisa disimpan dalam freezer. Taruh dalam kantung plastik atau wadah kedap udara.

4. Pelumeran

Ketupat yang disimpan dalam freezer harus dilumerkan sebelum dipanaskan. Caranya, taruh ketupat dalam chiller sehari sebelumnya. Setelah bersuhu ruangan, kukus ketupat sekitar 30 menit. (detik)

Cara penyimpanan ketupat di atas dapat juga diterapkan pada lemang tape, makanan khas sumatera barat

Share this article :
Posted by: Abi Wanbul | Dunia dan Akhirat, Updated at: 17.59

0 komentar:

Posting Komentar

 
Site : Home | SMS Gratis | Rebate Forex | Parse HTML
Copyright © 2013. Wanbul - All Rights Reserved
Template Design by MasKolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger